Total Tayangan Halaman

Minggu, 26 Oktober 2008

Tutorial Photoshop: Kaleng Softdrink Berbentuk Lemon

Pasti sobat semua sering minum softdrink kan? kalengnya biasanya berbentuk slinder atau tabung. Nah, kalo kalengnya berbentuk buah lemon gimana yaa….( emang ada..? ).
Pada posting kali ini saya mencoba menulis ulang tutorial photoshop dari buku karya Jayan penerbit Maxikom, yaitu membuat Kaleng Softdrink Berbentuk Lemon. Namun tutorial ini saya singkat karena kalo persis dengan yang ada di buku, saya harus banyak membuat gambar pendukungnya, terlalu lelah buatnya ( maaf ya…). Kalo ga jelas dengan tutorial ini berarti sobat harus beli bukunya hee…hee… kalo dari bukunya di jamin pasti bisa, saya aja yang awam photoshop juga alhamdulillah bisa.
Oke Kita mulai aja ya….
Eit.. tapi sebelumnya ini gambar-gambar yang akan kita gunakan:


1. Buka gambar lemon, lalu seleksi menggunakan magic wand tool dengan nilai tolerance 32. Klik pada background warna putih. Balik seleksi dengan menekan Cntrl+Shift+I sehingga gambar lemon terseleksi.

2. Duplikat gambar lemon dengan menekan Cntrl+J, beri nama layer baru tersebut : lemon1
3. klik menu image> duplicate. Beri nama file lemon_dispmap. kemudian hapus layer lemon1.
4. pastikan layer background aktif. Lalu ubah warna gambar menjadi hitam putih dengan menekan Ctrl+shift+U
5. klik menu filter> blur> gaussian blur dengan nilai radius 2. klik ok. Kemudian balik warna gambar dengan menekan Ctrl+I
6. tampilkan kotak dialog level dengan menekan Ctrl+L. masukan nilai input levels: 0, 1.00, dan 148 lalu klik ok.

7. pilih brush tool dengan warna hitam, nilai opacity 100% dan mode: Normal. Gunakan brush berukuran 20 – 30 px dengan hardness 0% kemudian warnai gambar bayangan lemon sehingga seperti gambar ini:

8. lalu simpan file dengan nama lemon_dispmap dengan format PSD. Lalu tutup file tersebut.
9. buka gambar sunkist, lalu seleksi gambar dengan langkah seperti langkah 1. lalu gunakan move tool untuk memindahkan gambar kaleng ke dalam gambar lemon.
10. tekan Ctrl+T untuk merubah ukuran dan memutar gambar kaleng sehingga kaleng tepat menutupi gambar lemon seperti ini:

11. ganti nama layer dengan nama kaleng . Dengan layer kaleng masih aktif klik menu filter> distort >Displace, pada kotak dialog masukan nilai horizontal dan vertikal scale masing-masing 10. klik oK.
12. pada kotak dialog Choose a displacement map pilih file lemon_dispmap.psd yang telah kita buat sebelumnya, klik open. Gambar kaleng akan sedikit terdistorsi mengikuti bentuk lemon.

13. bawa pointer pada posisi batas antara layer kaleng dan layer lemon, lalu tekan Alt+ klik mouse. Sehingga hasilnya seperti ini.

14. buka gambar cocacola lalu seleksi bagian penutupnya dengan menggunakan Elliptical marquee tool. Lalu pindahkan gambar terseleksi menggunakan move tool.
15. tekan Ctrl +T untuk memperkecil dan merotasi tutup kaleng, dan tempatkan pada posisi seperti ini.

16. aktifkan layer kaleng. Gunakan burn tool untuk menggelapkan bagian tertentu pada gambar kaleng berdasarkan logika dari mana arah cahaya datang.
17. aktifkan dodge tool dengan nilai exposure 40 % dan ukuran hardness brush sesuai dengan kebutuhan anda. Gunakan dodge tool untuk membuat pantulan cahaya sehingga didapat gambar seperti ini.

Nah saya rasa cukup sekian dulu tutorialnya, selamat mencoba, semoga berhasil. amien